Wednesday, January 05, 2011

Siapa Penulisnya?

Pada suatu hari, tiba-tiba aku takut pada masa depanku. Sesaat kemudian Tuhan membawaku melihat pada perbukitan nun jauh di depan rumahku.

Dia bertanya, “Berapa jauh matamu bisa melihat ke depan anakKu?”

Jawabku, “Beberapa km saja Tuhan”

Kemudian Dia berkata, “Anakku, kamu hanya bisa melihat kehidupan sepanjang beberapa Km saja, tetapi Aku bisa melihat ke depan melebihi panjang umurmu”

Wow… Tuhanku memang luar biasa, kasihNya kekal selamanya (Sender: Prima +62085227***** Received: Today 12.41)

Masih ingat ga? (Sender: Prima +62085227***** Received: Today 12.42)

Maksudnya?

23 Juli 2000?(Sender: Prima +62085227***** Received: Today 12.44)

Sapa yang nulis?

Kamu (Sender: Prima +62085227***** Received: Today 12.46)

Aku? Yang bener? Dimana?

Buletin ************ No. 38, 23 Juli 2000 (Sender: Prima +62085227***** Received: Today 12.48)

Banyak tulisanmu yang menguatkan… (Sender: Prima +62085227***** Received: Today 12.49)

Aduh…. Beberapa waktu lalu Susi juga temukan 1 bendel hardcopy tulisan bebasku. Aku jadi malu to’ya..

Ha ha … memang tidak ada yang kebetulan (Sender: Prima +62085227***** Received: Today 12.51)
***

Kebiasaan ‘berpindah-pindah’ ternyata berakibat seperti ini bagiku. Banyak yang bisa tercecer dimana-mana. Buku-buku mahal, barang-barang, file dokumentasi, juga beberapa arsip tulisan, yang tentu saja aku sudah melupakannya. Kali ini ‘penemu’ nya adalah sekretaris baru di gereja kami yang baru saja mengangkut sebuah Filling Cabinet beserta semua isinya yang terbengkalai beberapa bulan karena kutinggal pindah kantor.

Beberapa waktu lalu Asissten di kantor yang lama tiba-tiba mengirim sms, “Aku temukan 1 bendel hard copy tulisan2mu… ya ampun! Ternyata kamu itu segitunya ya… Sorry aku membacanya tanpa permisi, tapi aku sungguh belajar banyak dari situ. Tuhan kita memang luar biasa. Teruslah semangat, apapun yang sedang kamu lewati sekarang!!”
***

Siapa Penulisnya?

Tiba-tiba satu kalimat ini membayang di pikiranku. Ingatanku tiba-tiba melesat ke buku-buku catatanku yang sekarang entah dimana (terselip, tercecer, atau mungkin hilang). Hampir semuanya menuliskan tentang hal-hal entah berat ataupun ringan yang terjadi dalam hidupku. Ahhh… semua tulisan itu… gimana kalau ditemukan orang? Aduh… aku pasti malu berat! (Padahal isinya bukan hal yang memalukan… paling-paling seperti tulisan2 ini, karena dulu aku menulis dengan tangan dan sekarang pake computer, itu saja bedanya).

Huuuffff… banyak hal yang telah terjadi di masa lalu, beberapa diantaranya tertulis di kertas, beberapa lagi diantaranya tertulis di hatiku saja. Seandainya saja aku bisa melihatnya kembali, atau mungkin memperbaiki beberapa hal diantaranya.

Eitttttt… tunggu! Sepertinya aku mendengar seseorang mengatakan juga hal ini beberapa hari lalu.

“Seandainya… waktu bisa diputar kembali pasti aku tapi melakukan banyak hal yang tidak pernah kulakukan, dan memperbaiki banyak hal salah yang kulakukan”

Bisakah itu bisa terjadi? Jika hal itu benar bisa terjadi, apa yang harus kuperbaiki, mana yang kusesali? Mungkin berbeda dengan seseorang… yang entah mengapa tiba-tiba ingin kembali ke masa silam, tetapi tidak bagiku.

Tidak ada! Semuanya telah terlanjur tertulis di lembaran kehidupanku, dan tidak ada satupun yang bisa kusesali bahkan hal yang terindah sekalipun.

Dulu, waktu aku memilih melepaskan tawaran pekerjaan yang lebih menggiurkan, dan melewati hari-hari yang sulit itu.

Dulu, waktu aku memilih untuk meninggalkan semua tawaran kemegahan, fasilitas lengkap dan kembali ke hari-hari yang penuh ketidak pastian demi satu janji pasti.

Dulu, waktu aku memilih untuk ‘mengampuni dan melepaskan’ orang demi orang yang melukiskan luka di hati dan jiwaku

Dulu, waktu aku memilih untuk mengatakan ‘ya’ bagi panggilan yang sungguh mahal harganya ini.

Dan, dulu waktu aku mengatakan “ya” bagi Kristus, penebusan, keselamatan dan anugerah dariNya, meski setelahnya hidupku menjadi terbalik dan kehilangan banyak hal.

Atau mungkin ke masa sebelum itu? Inginkah aku kembali ke masa sebelum itu? Tidak! Tidak sama sekali. Karena jalan di sana amat gelap dan pekat, tanpa arah dan tujuan.

Ahhhh… semuanya telah dituliskan di lembar demi lembar kehidupanku, diijinkan Tuhan terjadi supaya ada hari ini. Jika hari-hari itu tak kulewati kemarin, aku tak akan seperti hari ini.

Jika aku harus kembali ke masa silam dan memperbaiki banyak hal di hari kemarin, mungkin aku tak akan dipertemukan satu persatu orang yang begitu berharga di hatiku hari ini.

***

Siapa Penulisnya?

Hampir 3 bulan ini aku berhenti menulis. Berhenti menuangkan rangkaian kata dan kalimat yang biasanya mengalir bebas di otakku. Semua terhenti hanya karena kesibukan yang menggila. Tapi bagaimana dengan hidupku? Semuanya tetap saja menuliskan lembar demi lembar pada sejarah kehidupanku di setiap detiknya.

Aku, hidup yang kuhidupi, kehidupanku, tertulis atau tidak pada kertas dan PC mungkin akan tertulis pada ingatanku, juga beberapa orang.

Seperti sms seseorang kepadaku beberapa waktu lalu, “Saat aku melihatmu selintas saja, aku … ada sesuatu yang tidak terkatakan betapa hebatnya anugerah yang dicurahkanNya kepada wanita sepertiku sehingga DIA mempertemukanku denganmu”

Suatu saat, tulisanku yang ‘tertulis’ mungkin akan ditemukan serta dibaca orang, tetapi tulisan kehidupanku setiap waktu ‘pasti’ dibaca orang, entah itu menghasilkan sesuatu yang baik ataupun yang buruk dan jahat.

Aku berharap, hidup dan kehidupanku di panggilanNya, semoga bukan hanya dibaca orang, tetapi lebih dari itu semoga bisa menjadikan teladan bagi beberapa orang.

***

Dan, siapa penulisnya?

Aku!

****************

Dec ‘10

5 comments:

HoneyBUZZin January 09, 2011  

Pakabar sobat? Singgah sebentar lalu membaca...lama juga aku tidak menulis...cuma hari ini..aku mampir sebentar.. semoga kamu sihat selalu. Salam

Zebaoth January 10, 2011  

thanks sahabat honeybuzzin
semoga kamu juga selalu sehat

BlessingDay January 14, 2011  

Salam kenal..Postnya luar biasa dan sangat memberkati.Begitu ajaib Tuhan kita!AMIN.

Zebaoth January 17, 2011  

thanks blessing day... tetap semangat!

Admin May 16, 2011  

Tulisan yang enak di baca dan di cerna... GBU

Post a Comment

Hi sahabat, tengkyu banget udah mau komentar... ayo semangat!!

Radio Worship

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP